Anakku Sehat dan Cerdas

Suasana Lomba Balita Sehat - saat wawancara dengan Ibu & Anak terkait perkembangan anak



Lomba Balita Sehat merupakan salah satu bagain dari Kegiatan Bangkitlah Menuju Keluarga Sejahtera UPPKH Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri tahun 2013. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi Peserta PKH untuk memeriksakan kehamilan dan membawa anaknya ke Posyandu. Selain itu untuk mengetahui sejauhmana para Peserta PKH memberian imunisasi, ASI, vitamin kepada anaknya, memperhatikan perkembangan anak dan sebagainya.



Pada kesempatan ini, Bangkitlah Menuju Keluarga Sejahtera I, peserta hanya perwakilan dari setiap desa di kecamatan Wates, yaitu 18 desa. Jadi jumlah peserta lomba Balita Sehat seluruhnya ada 18 anak dengan umur yang bervariasi. Masing - masing peserta didampingi oleh Ibunya, karena ada beberapa pertanyaan yang diajukan Tim Juri mengenai keluarga, kepesertaan Keluarga Berencana, tindakan saat kehamilan dan tahapan umur anak serta perkembangan anak).

Beberapa pertanyaan mendasar kepada Ibu adalah berapa kali periksa kehamilan, kondisi saat kelahiran, bagaimana pemberian imunisasi HB0/unijec - BCG - DPT HG Combo III + Polio IV - Campak, pemberian Vitamin A, kunjungan ke Posyandu, pemberian Air Susu Ibu (ASI), status Gizi, personal hygiene, keberanian anak, umur - pendidikan - pekerjaan orang tua, Berat Badan, Tinggi Badan. Pertanyaan mendasar inilah yang kiranya perlu diketahui oleh Ibu - ibu Peserta PKH. Penjelasan mengenai pertanyaan di atas diulas oleh Tim Juri setelah pelaksanaan lomba.
Ibu Camat memberikan hadiah utama kepada Juara I

Tim Juri dalam lomba Balita Sehat ini dari Dinas Kesehatan (Tim Bidan UPTD Puskesmas Wates dan UPTD Puskesmas Sidomulyo - Wates) dan Petugas Lapang Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Wates. Komposisi Juri diambilkan dari unsur Bidan, dengan maksud untuk melihat kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan anak - ibu, sedangkan unsur PLKB untuk melihat latar belakang keluarga dan penggunaan alat kontrasepsi.


Hasil penilaian Dewan juri Lomba Balita Sehat  sebagai berikut :

  1. Sandinata - desa Segaran (Juara I)
  2. Neyma - desa Pojok (Juara II)
  3. Dinda -  desa Joho (Juara III)
  4. Prawira - desa Tawang (juara IV)
  5. Mei - desa Karanganyar (Juara V)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yang Pertama, Tuntas Sudah

Produk KUBE PKH Mejeng di "Festival Kediri Lagi" 2016

Penghijauan Bersama Muspika