Bimtek dan Belajar Lagi Yuuuk.......


Siang itu matahari begitu menyengat kulit ini bahkan kulit bumi. Cuaca panas sekali membuat keringat terus membasahi kulit. Fenomena equinox sedang menyapa belahan bumi sekitar katulistiwa. Fenomena yang selalu hadir 2 (dua) kali setahun yakni 21 Maret dan 23 September. Posisi matahari berada tepat di garis katulistiwa, dan Indonesia tercinta ini dilintasi garis itu.

Namun, suasana panas itu tidak mempengaruhi semangat Pendamping dan Operator PKH Kabupaten Kediri. Di dalam ruangan kelas di sebuah sekolah Madrasah Aliyah yang berada di tengah - tengah kampung Inggris Kota Pare, mereka mengikuti sesi demi sesi bimbingan teknis dan belajar bareng terkait IT (Information Technology) dalam program Keluarga Harapan. Mereka dengan tekun menyimak apa saja yang disampaikan oleh tutor. Meskipun listrik padam, proses bimbingan teknis dan belajar bareng tetap berlangsung lancar.


Kegiatan - kegiatan PKH tidak terlepas dari data - data, baik mencari sumber data maupun pengolahan data. Apalagi akhir - akhir ini dan mungkin selanjutnya, seorang Pendamping dan Operator selalu menggunakan komputer atau handphone android dalam melaksanakan tugasnya. Updating data Peserta PKH dan olah data yang diperlukan biasanya tidak menunggu lama. Dengan target waktu  tertentu, data harus sudah disetor (dikirim). Target waktu bisa hitungan jam, satu hari dan bisa juga satu bulan tergantung dari tingkat urgensinya.

Menyadari akan hal itu maka Perkumpulan Pekerja Sosial (perubahan nama dari Asosiasi Pendamping dan Operator PKH) Kabupaten Kediri berinisitaif untuk mengadakan kegiatan tersebut. Seorang pendamping harus lebih familiar dengan teknologi khususnya komputer dan penggunaan Handphone android secara maksimal sehingga dalam melaksanakan seluruh kegiatan (pekerjaan) PKH dapat berjalan dengan lancar.

Kegiatan bimtek dan belajar bareng ini diikuti oleh seluruh Pendamping dan Operator PKH Kabupaten Kediri dan sebagai fasilitator adalah Sdr. Totok Agung P (Korkab PKH Kabupaten Kediri) dan Sdr. Suparman (Ketua perkumpulan Pekerja Sosial Kab. Kediri). Alhamdulillah kegiatan dapat dilaksnakan cukup 1 hari saja... hari Minggu tanggal 20 Maret 2016. Semoga bermanfaat....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yang Pertama, Tuntas Sudah

Penghijauan Bersama Muspika

Produk KUBE PKH Mejeng di "Festival Kediri Lagi" 2016