Kuatkan Kelompok PKH dari Hal Sederhana


Kelompok - kelompok beserta anggotanya, yaitu para Peserta PKH bukan saja sekumpulan orang yang kebetulan mendapatkan bantuan Program Keluarga harapan (PKH), tetapi merupakan kumpulan energi dan potensi yang besar untuk mengadakan perubahan terhadap dirinya snediri dan kelompoknya. Hal ini jarang disadari oleh Pendamping dan Peserta PKH sendiri. Kekuatan kelompok - kelompok ini sebenarnya luar biasa, terutama dalam mengubah beberapa pola pemikiran mereka.



Misalnya, dari hal yang kecil disekitarnya dapat dijadikan potensi usaha yang dijalankan oleh kelompok, seperti barang - barang konsumsi dan sampah. Di beberapa kelompok PKH di kecamatan Wates Kabupaten Kediri lebih memilih barang konsumsi yang dijadikan usaha dagang dan sebagai konsumen adalah anggotanya sendiri.

Usaha perdagangan beras yang dipilih. Setiap keluarga pasti memerlukannya. Dari sinilah mereka memilih secara bersama - sama mengadakan Kelompok Usaha Bersama secara swadaya dan ditemani Pendamping PKH sebagai teman diskusi. Usaha itu dikelola kelompok itu sendiri dan hasilnya akan dibagikan diakhir tahun sebagai sisa hasil usaha (SHU). Sebenarnya usaha ini tanpa disadari sudah memotong rantai pemasaran yang begitu panjang sehingga harga dapat ditekan seoptimal mungkin.

Sederhana saja, yang terpenting dapat memberikan manfaat bagi kelompok dan semua Peserta PKH.

Agenda utama dalam pertemuan kelompok PKH bulan ini mengambil tema menguatkan  kelompok PKH dengan usaha mandiri. Semoga berhasil.... ###

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penghijauan Bersama Muspika

Hari pertama Pencairan Tahap II, 2012, Lancar...

Yang Pertama, Tuntas Sudah