Temporary Closing Data - Persiapan Penyaluran Bantuan PKH Tahap I tahun 2016


Data merupakan dasar utama dalam business PKH, terutama dalam mengidentifikasi tanggungan dalam keluarga Peserta PKH dan kategorinya. Up to date data dan akurasi data harus menjadi perhatian khusus bagi seorang Pendamping PKH. Anggota keluarga yang memenuhi persyaratan dan masuk kategori baik ibu hamil, balita, anak pra sekolah (Apras), anak sekolah setingkat SD, SMP dan SMA harus benar - benar dipastikan.


Salah satu tahapan dalam persiapan Penyaluran bantuan PKH adalah Temporary closing data dan dilanjutkan dengan final closing data. Berdasarkan jadwal UPPKH Kabupaten Kediri, UPPKH Kecamatan Wates melaksanakan temporary closing data yang dilaksanakan di aula Dinas Sosial Kabupaten Kediri. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh UPPKH kecamatan di kabupaten Kediri dan dilaksanakan tanggal 16 Februari 2016.

Dalam kegiatan tersebut Pendamping mengadakan pengecekan terhadap data sementara penerima bantuan PKH. Pengecekan meliputi jumlah total penerima, nominal yang diterima berdasarkan jumlah anggota keluarga yang masuk kategori yang sudah ditetapkan. Pengecekan ini sangat penting artinya guna memastikan Peserta PKH menerima haknya sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam business PKH.

Setelah dicek satu persatu, akan kita dapati bahwa data - data itu benar dan sesuai dengan realita tanggungan keluarga atau ada beberapa catatan kesalahan yang perlu dibenahi. Kalau ada kesalahan atau data yang belum benar maka catatan koreksi tersebut ditindaklanjuti oleh Operator. Hasil koreksi data dan  Pembaharuan data tersebut akan dijadikan dasar Penyaluran Bantuan PKH Tahap I tahun 2016. (dien)

# Kepastian data harus benar - benar sesuai dengan kondisi keluarga Peserta PKH.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yang Pertama, Tuntas Sudah

Penghijauan Bersama Muspika

Produk KUBE PKH Mejeng di "Festival Kediri Lagi" 2016