Minggu, 21 Oktober 2012

Yang Pertama, Tuntas Sudah

Proses pencairan dana bantuan tunai bersyarat melalui Program Keluarga Harapan (PKH) di kecamatan Wates - Kediri sudah selesai tanggal 20 Oktober 2012 kemarin. Pencairan dana bantuan PKH tahap ke II ini, berlangsung selama 8 (delapan) hari di kantor pos cabang (KPC) Wates. Dana yang tersalurkan sebesar 600 juta lebih, dibagikan kepada 1.373 peserta PKH yang tersebar di 18 (delapan belas) desa se-kecamatan Wates.

Pencairan dana bantuan saat ini bagi kecamatan Wates merupakan pencairan yang pertama kali dilakukan karena kecamatan Wates adalah pengembangan kecamatan dari kabupaten yang sudah melaksanakan program PKH. Kecamatan Wates tidak sendirian, tetapi bersama dengan kecamatan Plosoklaten yang sama - sama melakukan pencairan yang pertama. Tidak hanya yang pertama dalam melakukan pencairan dana bantuan PKH tetapi juga yang pertama menerapkan sistem pencairan melalui Giro. 


Perlu diketahui bahwa di kecamatan - kecamatan yang terlebih dulu menerima dana bantuan PKH di kabupaten Kediri menggunakan wesel. Oleh karena itu, pencairan dana bantuan PKH tahap II di kecamatan Wates dan Plosoklaten merupakan yang pertama sekaligus sebagai uji coba sistem baru. Dengan perencanaan yang ekstra hati - hati, maka pencairan dijadwalkan lebih lama dari pengalaman kawan - kawan yang mencairkan dana bantuan PKH melalui wesel.

Berdasarkan hasil pengamatan dan evaluasi setelah pencairan, kami sebagai Pendamping PKH dan Kantor Pos sebagai pelaksana pencairan dana bantuan PKH dapat menarik pelajaran berharga dari proses pencairan yang pertama ini. Antara lain, kelengkapan administrasi harus diselesaikan lebih dulu, ketertiban peserta PKH dalam antrian, kesiapan petugas kantor pos dalam melayani peserta PKH dan kesiapan, kreatifitas pendamping PKH dalam mendampingi peserta PKH.

Dari hasil evaluasi tersebut akan ditentukan strategi dalam pencairan agar prosesnya lebih cepat, tetapi tanpa mengurangi rasa kenyamanan, keamanan, kerumunan peserta PKH. Kondisi seperti itulah yang kami harapkan dan semoga dapat dirasakan pada pencairan tahap III dan seterusnya.